Peluang dan Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal

Peluang dan Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal - Sekarang ini peluang usaha penyewaan lapangan futsal sangat diminati dan menggeliat. Dengan menyasar target utama para pelajar maupun pegawai, bisnis ini banyak disebut-sebut sebagai salah satu yang paling memberikan keuntungan besar. Walaupun memang biaya investasi di awal cukup besar, ternyata tetap terus mendatangkan pemain baru karena kemudahan untuk perawatan di samping keuntungannya.

Bisnis lapangan futsal ini tidak hanya memberikan keuntungan lewat jasa penyewaannya saja. Lebih dari itu, ada juga tersedia bisnis lain sebagai tambahan yang misalnya kantin, cafe, penjualan sepatu futsal, maupun penjualan jersey. Berbagai atribut untuk olahraga ini juga bisa dipajang dan semakin memberikan tambahan keuntungan.

Peluang dan Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal
Peluang dan Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal

Bagi anda yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis penyewaan lapangan futsal, janganlah takut untuk mencobanya. Mungkin di antara anda ada yang berpikir bagaimana cara mendatangkan modal yang sangat besar agar memulai usaha ini. Tentu saja harus menjemput bola agar bisa memulai usaha secepatnya dan segera memperoleh pundi-pundi keuntungan besar. 

Peluang dan Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal

Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal

Ada banyak hal yang bisa mendorong anda agar memulai bisnis lapangan futsal ini yang cukup menguntungkan.

Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal
Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal

Pasar Yang Luas

Banyak dari para pelajar dan karyawan suka bermain futsal karena memang didasari tiga alasan. Pertama, karena memang suka sekali olahraga futsal dan menggandrunginya. Sebagai olahraga paling disukai di dunia, tidak mengherankan jika sepak bola termasuk futsal sangat disukai. Bahkan pada berbagai pertandingan yang melibatkan tim-tim besar selalu dibanjiri oleh penonton.

Alasan kedua yaitu memang ingin sehat dengan cara berolahraga. Terlebih lagi di masa sekarang ini di mana kita harus berpikir baik menjaga kesehatan. Adapun alasan yang ketiga adalah karena ingin berkumpul bersama kawan-kawan. Dengan bermain futsal, akan semakin mempererat pertemanan. 

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal

Bisnis lapangan futsal ini memang menjadi usaha yang memerlukan rencana anggaran biaya pembuatan lapangan futsal cukup besar. Terlebih lagi, jika anda tidak memiliki tanah dengan lokasi strategis tentu harus mencari informasi Di manakah lokasinya yang bisa membuat pengunjung mudah mengakses. Jika diletakkan di lokasi yang jauh tentu akan kesulitan. 

Banyak orang yang sedang mencari informasi juga mengenai berapa rencana anggaran biaya pembuatan lapangan futsal. Secara garis besar akan kami jelaskan berikut ini rincian biaya pembuatan lapangan futsal. 

Biaya konstruksi baja (tiang dsb) = Rp. 170 juta

Biaya lantai dan Pondasi = Rp. 80 juta

Biaya Rumput = Rp. 90 juta

Biaya Bol, Lampu, dll = Rp. 10 juta

Total Modal Bisnis Futsal = Rp350 juta

Perawatan Tidak Terlalu Sulit

Hal selanjutnya yang menjadi alasan kenapa bisnis sewa lapangan futsal cukup bagus untuk yang ditekuni adalah perawatannya yang tidak terlalu rumit. Meskipun memang ada sejumlah sarana dan prasarana penunjang yang wajib dipenuhi namun termasuk awet dan tidak memerlukan penggantian secara cepat.

Peralatan yang diperlukan misalnya jaring sintetis, lampu yang terang, rumput lapangan serta bola termasuk kelengkapan yang cukup awet. Oleh karena itulah untuk biaya pemeliharaannya sendiri bisa dibilang tidak terlalu besar.

Memberikan Potensi Keuntungan Besar

Tentu saja hal yang menjadi alasan kenapa banyak orang menekuni bisnis sewa lapangan futsal karena keuntungannya yang besar. Terutama, jika di hari weekend biasanya akan semakin banyak pengunjung yang menyewa lapangan. Mereka didominasi oleh para pelajar maupun karyawan.

Setelah mengetahui dana pembuatan lapangan futsal di atas penting juga tahu potensi keuntungannya. Sebagai gambaran, anda bisa melihat estimasi keuntungan atau omzet yang bisa didapatkan saat memulai berbisnis sewa lapangan futsal ini. 

Pendapatan dari pagi sampai siang 5 jam x Rp60.000 = Rp300.000

Pendapatan malam 4 jam x Rp100.000 = Rp400.000

Pendapatan dari usaha lain seperti kantin, cafe, atau jersey =  Rp100.000

Total pendapatan per hari jika diakumulasikan kurang lebih Rp800.000.

Dengan pendapatan per hari yang cukup besar tersebut tentu tidak sepenuhnya bisa diambil karena ada biaya untuk karyawan dan perawatan. Total penghasilan per bulan berarti sekitar 24 juta rupiah. Jika memiliki 2 karyawan dengan gaji Rp3 juta, serta biaya perawatan Rp1 juta, maka dari bisnis sewa lapangan futsal ini masih tetap diperoleh keuntungan paling tidak Rp20 juta rupiah. 

Bisnis Turunan Yang Cukup Menjanjikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis sewa lapangan futsal ini juga memiliki turunannya. Di sebuah lokasi permainan tidak hanya disediakan tempat untuk bermain saja akan tetapi untuk nongkrong, sewa alat-alat, bahkan untuk membeli perlengkapan permainan. 

Tentu saja jika semakin banyak pengunjung yang ada, mereka tidak hanya duduk dan diam saja. Mereka juga pastinya ingin makan atau minum setelah atau sebelum bermain. Dengan demikian, dana pembuatan lapangan futsal bisa cepat terganti juga dengan dukungan dari bisnis turunan ini.

Persiapan Dalam Memulai Bisnis Sewa Lapangan Futsal

Jika anda memang serius ingin terjun berbisnis sewa lapangan futsal, tentu juga harus mengetahui bagaimana persiapannya. Berikut di antaranya:

Kenyamanan di dalam dan di luar lapangan futsal
Kenyamanan di dalam dan di luar lapangan futsal (Gambar: WallpaperTip)

Menentukan Lokasi Lapangan

Seperti yang diketahui, untuk membuka lokasi bisnis lapangan futsal tentu harus memiliki tempat yang luas. Paling tidak memakai ukuran secara umum lapangan futsal yaitu 25-45 m panjang, untuk lebarnya 15-25 m. Anda dapat memilih lokasi yang dekat dengan perkantoran atau area yang banyak dilalui karyawan dan pelajar. Tapi jangan salah, sekarang ini di desa juga banyak orang yang mulai menyukai olahraga futsal dan mendirikan tempat di sana.

Banyak tempat di pedesaan terutama di kawasan perumahan minimalis strategis untuk tempat dibangunnya lapangan futsal. Tentu saja dalam membangun ia tetap harus mengedepankan sejumlah aspek mulai dari keamanan serta kenyamanan yang memadai. Hal ini cukup berkaitan erat dengan pelayanan yang semakin membuat banyak orang suka bermain di sana.

Memperhatikan Sirkulasi Udara

Hal yang tidak kalah penting juga untuk membangun tempat futsal yaitu sirkulasi udara terutama jika di dalam gedung. Hal ini dikarenakan jika sirkulasi udara yang baik maka para pengunjung akan nyaman dan tidak kegerahan. Sebaliknya, jika sirkulasi buruk maka pengunjung tidak betah karena kegerahan dan mungkin tidak akan kembali. 

Memberikan Pelayanan Khusus

Supaya bisa semakin meningkatkan kualitas bisnis lapangan futsal, anda juga harus memberikan fasilitas tambahan. Misalnya, dengan cara menyediakan ruang tunggu yang nyaman serta bacaan-bacaan yang terkait dengan dunia sepak bola untuk dinikmati oleh para pengunjung. Atau kamu bisa menambahkan televisi untuk informasi serta hiburan.

Memberikan Bonus Menarik

Anda juga bisa memberikan bonus menarik untuk para customer supaya mereka bisa semakin betah di tempat anda. Misalnya dengan cara member atau keanggotaan. Tentu bagi para member akan diberikan potongan harga. Ini dilakukan untuk membuat mereka semakin menjadi pelanggan setia.

Memberikan Variasi Tambahan Di Lapangan

Dalam membuka bisnis lapangan futsal, bisa juga diberikan variasi tertentu misalnya penyewaan. Anda dapat menyediakan aksesoris yang dibutuhkan dalam permainan contohnya sepatu futsal, kaos, sarung tangan kiper, sampai dengan kaos kaki untuk bermain Saga tetap mengikuti tren yang terbaru. Anda juga dapat membuat kios minuman dan makanan. 

Pada umumnya, mereka yang bermain futsal adalah laki-laki dan cenderung cuek untuk mempersiapkan makanan sebelum bermain futsal. Padahal, setelah bermain pasti akan kelelahan dan haus serta lapar. Hal inilah yang bisa menjadi celah untuk semakin membuat bisnis lapangan futsal berkembang.

Mengadakan Turnamen

Turnamen futsal juga bisa diadakan oleh anda. Dengan diselenggarakannya turnamen ini, Serta nantinya akan banyak tim yang mengikuti akan membuat mereka mengetahui kualitas dan kemampuan skillnya. Apalagi jika bisa menyediakan sponsor dan hadiah tambahan untuk tim yang menjadi juara piala atau kejuaraan ini. Ini akan semakin membuat tempat sewa lapangan futsal ramai dikunjungi. 

Tips Dalam Mencari Kontraktor Lapangan Futsal

Mempunyai bisnis lapangan futsal memang banyak dilirik oleh masyarakat di masa sekarang ini karena punya profit usaha yang cukup menguntungkan. Di satu sisi, cara merawatnya juga tidak terlalu berat. 

Kontraktor Lapangan Futsal
Kontraktor Lapangan Futsal

Artinya, prospek lapangan futsal akan tetap eksis dan berkembang di masa depan. Dalam membangunnya tentu harus juga mencari kontraktor lapangan futsal. Ada beberapa caranya yaitu sebagai berikut:

Mengamati Portofolio

Track record adalah hal yang penting dan harus anda lihat sebelum mencari kontraktor sewa lapangan futsal. Anda bisa berkomunikasi dahulu sebelum memakai jasa tersebut sehingga memahami bagaimana profesionalitasnya. 

Memastikan Kejelasan Legalitasnya

Pastikanlah kontraktor untuk membangun bisnis lapangan futsal juga legal, berbadan hukum, serta punya izin operasional dan kantor. Sebelum memutuskan memakai jasa kontraktor ini maka harus di cek terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya selama proses pembangunan tidak ada kendala terkait izin. 

Mencari Tahu Spesialisasi Kontraktornya

Ada beberapa tipe lapangan futsal yang bisa dibangun. Perbedaannya biasanya ada pada media pelapis lapangan yang dipakai. Umumnya, untuk melapisinya digunakan rumput sintetis, interlock, serta vinyl.

Memberikan Harga Transparan

Hal yang paling penting juga untuk memilih jasa kontraktor lapangan futsal yaitu pastikan informasi harganya transparan. Anda juga jangan terlalu berfokus kepada harganya yang murah saja. Perhatikan kualitas dan rincian spesifikasi lapangan futsal yang ditawarkan.

Memberikan Garansi

Tips terakhir untuk memilih jasa kontraktor lapangan futsal yaitu pastikan memiliki kontrak resmi, memberikan garansi, serta menerapkan cara pembangunan yang sesuai prosedur standar. Ketelitian harus anda lakukan untuk memastikan hasil pekerjaan berjalan dengan baik dan lancar. Ujung-ujungnya, kepuasan bisa anda dapatkan. 

Pastikanlah Memiliki Layanan Customer Care

Anda juga harus memastikan bahwa kontraktor lapangan futsal ini punya layanan customer care. Artinya, mereka dapat membantu anda kapanpun jika ada pertanyaan yang ingin diajukan atau kendala yang dihadapi. Pelayanan yang cepat dan ramah, tentu akan semakin meningkatkan kepuasan konsumen. 

Tersedia Banyak Pilihan Model

Anda juga harus diberikan kebebasan dalam memilih jenis lapangan kerja seperti apa yang hendak dibangun. Mulai dari bahan pembuatnya, model konsep lapangannya, corak atau pola lapangan dan lain-lain. Akan semakin baik jika berbagai model tersebut bisa dilihat melalui media website maupun media sosial. 

Punya Banyak Ulasan Positif

Hal berikutnya yang penting adalah memperhatikan apakah memiliki ulasan positif yang banyak atau tidak. Pastikanlah anda mencari jasa kontraktor ini yang banyak disukai para costumer lainnya dan hasil kerjanya memuaskan. 

Penutup

Kesimpulannya, bisnis lapangan futsal sekarang ini memang sangat menguntungkan bagi siapa pun yang ingin memulainya. Dengan mencari jasa kontraktor terpercaya, maka potensi pendapatan besar baik dari bisnis sewa maupun bisnis lain yang menyertainya bisa semakin besar.

Sekian artikel mengenai Peluang dan Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url