Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia

Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia - Indonesia sebagai sebuah negara sering kali berkontribusi dalam kejuaraan olahraga. Berbagai jenis kompetisi olahraga diikuti oleh Indonesia. Salah satu cabang olahraga yang sering diikutkan kompetisi adalah futsal. Tim nasional Indonesia dalam futsal memiliki julukan Pasukan Garuda Merah Putih. Tim futsal ini ada di bawah kendali Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Futsal termasuk salah satu cabang olahraga Indonesia yang meraih beberapa kali prestasi. Berikut adalah beberapa Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia.

Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia
Timnas Futsal Indonesia kala menjuarai turnamen futsal AFF 2010 di Vietnam (Gambar: Skor.id)

Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia

Juara Piala AFF 2010

Di bawah kepelatihan Robby Hartono asal Indonesia, Indonesia berhasil meraih juara pada Kejuaraan Futsal AFF 2010. Kejuaraan Futsal AFF 2010 dilaksanakan di Kota Ho Chi Minh asal Vietnam mulai tanggal 5 April-11 April 2010. Pada saat itu juara bertahan Thailand tidak mengikuti kompetisi tersebut dikarenakan terdapat pertandingan yang lainnya. Hal ini membuat tim juara bertahan dari Thailand absen dari kompetisi tersebut.

Hal itu tentu saja menjadi peluang tersendiri bagi Indonesia. Setelah beberapa tahun lamanya tidak pernah berhasil menembus juara, akhirnya timnas futsal Indonesia keluar sebagai pemenang dalam ajang kompetisi tersebut. Tentu saja kemenangan Timnas futsal sangat membanggakan bagi negara. Prestasi itu bahkan masih disebut sebagai Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia.

Runner Up CFA International Futsal Tournament 2016

Gelar Runner Up di CFA International Futsal Tournament 2016 yang diselenggarakan di Changsu, China berhasil diraih oleh Indonesia. Di bawah pelatihan Dadang Iskandar, Timnas futsal Indonesia berhasil masuk dalam posisi kedua dengan memperoleh total koleksi enam poin. Dalam meraih posisi itu bukanlah hal yang mudah, sebab Indonesia terlebih dahulu harus menghadapi sang tuan rumah, China. Indonesia berhasil membalikkan keadaan dan berbalik menekan mental para pemain China sehingga menghasilkan skor 8-5.

Meskipun tidak keluar sebagai juara CFA International Futsal Tournament 2016 namun Indonesia berhasil memastikan posisi mereka bukanlah tim yang bisa diremehkan begitu saja. Mereka berhasil mengalahkan Myanmar pada laga pertama dengan skor 3-1. Meskipun selanjutnya tidak bisa ke babak juara karena kalah dari Mesir dengan skor 2-4 namun pada akhir pertandingan Timnas Garuda kembali menunjukkan taringnya sehingga berhasil meraih Runner Up CFA Internasional Futsal Tournament 2016.

Runner Up Kejuaraan Futsal AFF 2019

Kejuaraan Futsal AFF 2019 dilaksanakan di Vietnam. Pada Kejuaraan Futsal AFF 2019 berhasil kompetisi internasional futsal yang sangat menegangkan. Timnas Futsal Indonesia berhasil sampai ke babak final melawan juara bertahan yaitu Thailand. Tampaknya menjadi juara bertahan menjadikan mental Timnas Thailand menjadi semakin percaya diri dalam menghadapi berbagai macam tim. Termasuk Timnas Futsal dari Indonesia. Thailand berhasil menjadi Juara Kejuaraan Futsal AFF 2019 setelah mengalahkan Indonesia di final dengan skor 5-0. Meskipun begitu, ada di Runner Up dan melaju hingga ke final melawan juara bertahan juga sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi Timnas futsal Indonesia. Prestasi juga termasuk salah satu dari Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia.

Peringkat Ketiga SEA Games 2011

Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011 kerap kali dikenal juga dengan SEA Games 2011. SEA Games sendiri adalah suatu kompetisi olahraga Asia Tenggara yang pada saat itu diadakan di Jakarta dan Palembang negara Indonesia. Kompetisi itu berlangsung dari tanggal 11-22 November 2011. Pada saat itu Indonesia memperebutkan medali perunggu atau peringkat ketiga dengan negara Malaysia. Skor yang dihasilkan Indonesia vs Malaysia pada saat itu juga sangat tipis. Indonesia menang dengan skor 3-2. 

Peringkat Ketiga Kejuaraan Futsal AFF 2018 

Indonesia meraih peringkat ketiga pada Kejuaraan Futsal AFF 2018. Skor Indonesia pada saat melawan Vietnam untuk memperebutkan posisi ketiga adalah 3-1. Sementara pemenang dan juara bertahan tetap dimiliki oleh negara Thailand. Prestasi ini juga termasuk prestasi yang membanggakan bagi Timnas futsal Indonesia setelah terakhir kali juga memperebutkan posisi ketiga pada tahun 2014 dan dikalahkan oleh Vietnam. Kini Indonesia berhasil membalas kekalahan tersebut dan keluar sebagai peringkat ketiga mengalahkan Vietnam.

Itu dia beberapa Daftar Pencapaian Terbaik Timnas Futsal Indonesia. Segala prestasi dan pencapaian yang telah diraih oleh Timnas Futsal Indonesia tidak terlepas dari kerja keras tim dan pelatih. Semoga ke depannya Timnas Futsal Indonesia semakin menunjukkan eksistensinya dan berhasil meraih gelar juara pada kejuaraan Internasional kembali. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url