Daftar Sponsor Jersey Timnas Indonesia Hingga 2021

Daftar Sponsor Jersey Timnas Indonesia Hingga 2021 - Membahas tentang Timnas Indonesia, tentunya selalu ada daya tarik tersendiri. Yang sering diperbincangkan bukan hanya soal euforia pada setiap pertandingan saja. Bahkan sponsor jersey Timnas Indonesia juga menjadi sorotan. Meskipun tidak ada logo sponsor di setiap jersey yang dipakai pemain, tapi ternyata sponsor jersey sudah sering mengalami pergantian sejak Indonesia baru merdeka. Penasaran dengan daftar sponsor jersey Timnas Indonesia? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Daftar Sponsor Jersey Timnas Indonesia Hingga 2021

1. Adidas

Jersey Timnas Indonesia Adidas 2004
Jersey Timnas Indonesia Adidas 2004 (Gambar: Football Tribe)

Sejak tahun 1970 memang Adidas sudah berkomitmen dengan PSSI. Salah satu momen legendaris Adidas bersama timnas Indonesia adalah pada SEA Games 1987 dan juga 1991. Meskipun pernah berhenti atau vakum kerja sama, tapi pada tahun 2004 Adidas kembali menjadi Sponsor Timnas Indonesia.

2. Asics

Jersey Timnas Indonesia Asics 1996
Jersey Timnas Indonesia Asics 1996 (Gambar: FJB Kaskus)

Asics adalah brand asal Jepang yang menjadi Sponsor Jersey Indonesia pada tahun 1996. Saat itu diselenggarakan Piala Asia 1996 di Uni Emirat Arab. Pertandingan tingkat Asia tersebut adalah yang pertama untuk Indonesia. Brand ini sebenarnya bukanlah termasuk bagian dari sponsor. Akan tetapi berkat rekomendasi dari PSSI mengakibatkan Asics menjadi sponsor jersey timnas Indonesia.

3. Diadora

Jersey Timnas Indonesia Diadora 1996
Jersey Timnas Indonesia Diadora 1996 (Gambar: Goal.com)

Diadora adalah merek Italia yang pernah menjadi terkenal di dunia setelah dipakai oleh tim-tim hebat. Kontribusi Diadora sebagai Sponsor Baju Timnas Indonesia tidak lepas dari langkah PSSI yang pernah mengirim pemain muda untuk berlatih ke Italia. Ketika perhelatan Piala Tiger 1996, jerseynya berkerah dan dilengkapi dengan logo bendera Merah Putih. 

4. Uhlsport 

Jerseu Timnas Indonesia uhlsport
Jersey Timnas Indonesia Uhlsport (Gambar: Twitter - officialkjti)

Sebelum menjadi sponsor jersey Timnas Indonesia, Uhlsport dari Jerman menyediakan sarung tangan untuk kiper. Setelah PSSI sudah tidak kerjasama dengan sponsor Diadora, pada tahun 1998 timnas Indonesia sudah memakai jersey Uhlsport. 

5. Mikasa

Jersey Timnas Indonesia Mikasa 1997
Jersey Timnas Indonesia Mikasa 1997 (Gambar: Inkuiri)

Kebanyakan orang mengenal Mikasa karena menyediakan perlengkapan voli. Brand Jepang ini juga kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia pada SEA Games 97. Itulah mengapa semua seragam yang dipakai oleh kontingen Indonesia memakai merek Mikasa, termasuk tim sepakbola.

6. Nike

Jersey Timnas Indonesia Nike 2012
Jersey Timnas Indonesia Nike 2012 (Gambar: pesantrennuris)

Nike menjadi Sponsor Timnas Indonesia pada tahun 2000-2003 kemudian sempat vakum sampai 2006. Tahun 2007-2019 kerja sama tersebut berlanjut kembali. Di antara semua sponsor, suporter lebih cenderung menyukai jersey Nike dengan logo yang ikonik yaitu Garuda di dada.

7. Ghazali Sport 

Ghazali (Gambar: Bola)

Jika yang sebelumnya sudah disebut adalah brand luar, kali ini ada Ghazali Sport dari Indonesia sendiri. Jerseynya dibuat di perusahaan konveksi milik Muhammad Ghazali yang saat itu juga menjadi asisten manajer dari timnas. Yang paling diingat oleh suporter adalah logonya yang begitu besar dan dianggap kurang bagus. Pada tahun-tahun setelah itu sponsor jersey Timnas Indonesia diganti lagi.

8. Warrix

Jersey Timnas Indonesia Warrix
Jersey Timnas Indonesia Warrix (Gambar: Kompas)

Setelah berhenti menggunakan jersey Ghazali Sports, Warrix menjadi sponsor selanjutnya. Sebagai produk asal Thailand, tidak sedikit yang juga mempertanyakan pemilihan sponsor ini.  Suporter masih mengharapkan sponsor jersey dalam negeri yang lebih berkualitas

9. Mills

Jersey Timnas Indonesia Mills 2021
Jersey Timnas Indonesia Mills 2021 (Gambar: Kuchalana)

Sejak Februari 2020 sampai 2021, Timnas Indonesia memakai jersey dari Mills atau PT. Mitra Kreasi Garmen. Produk Mills bisa digunakan segala usia, baik laki-laki maupun perempuan. Bukan hanya pemain, tapi mereka juga fokus untuk memberi seragam ke pelatih, wasit, dan asosiasi provinsi.

Itulah Daftar Sponsor Jersey Timnas Indonesia yang pernah mendukung tim sepak bola Indonesia sampai tahun 2021. Dari manapun sponsornya, semoga bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan sepak bola di Indonesia. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url