Daftar Negara Tuan Rumah Piala Dunia Futsal FIFA

Daftar Negara Tuan Rumah Piala Dunia Futsal FIFA - Futsal telah menjadi olahraga populer yang berkembang dengan sangat pesat sejak beberapa dekade terakhir ini. Terdapat kejuaraan dunia futsal FIFA yang sejauh ini sudah diadakan sebanyak 9 edisi yang dimulai untuk pertama kali pada tahun 1989 di Belanda dan edisi terakhir dilaksanakan pada tahun 2021 ini di negara Lituania. Sebanyak 9 negara juga telah secara bergantian menjadi host di kejuaraan futsal terbesar di dunia ini. Setelah beberapa waktu lalu kita telah membahas daftar negara juara piala dunia futsal FIFA, kali ini kita akan membahas daftar tuan rumahnya. Penasaran dengan negara mana saja yang telah menjadi tuan rumah piala dunia futsal FIFA ini? Simak terus artikel di bawah ini ya.

Daftar Negara Tuan Rumah Piala Dunia Futsal FIFA

1. Belanda (1989)

Ini merupakan piala dunia futsal FIFA edisi pertama yang diselenggarakan mulai tanggal 5 sampai 15 Januari 1989. Jumlah peserta tim pada turnamen ini berjumlah 16 tim dari masing-masing konfederasi dengan UEFA sebagai penyumbang tim terbanyak sebanyak 6 tim yang terdiri dari Belgia, Denmark, Hungaria, Italia, Spanyol, dan tentunya sang tuan rumah sendiri, yaitu Belanda.

Pertandingan futsalnya sendiri diselenggarakan di 5 kota berbeda, yaitu Rotterdam, Arnhem, Leeuwarden, Amsterdan, dan 's-Hertogenbosch. Edisi piala dunia futsal FIFA pertama ini dijuarai oleh Brasil yang berhasil mengalahkan sang tuan rumah di partai final dengan skor 2-1. Bagaimanapun top skor dari piala dunia futsal FIFA pertama ini bukanlah dari tim Brasil maupun Belanda yang bertanding di partai final melainkan seorang pemain dari Hungaria bernama Laszlo Zsadanyi dengan 7 golnya.

2. Hong Kong (1992)

Piala dunia futsal FIFA tahun 1992 merupakan piala dunia futsal pertama yang dilakukan di Asia. Pertandingan dilakukan di 2 kota berbeda yaitu Hung Hom dan Tsim Sha Tsui. Lagi-lagi, Brazil menjadi juara untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Amerika Serikat di partai final dengan skor 4-1. Menariknya, top skor di turnamen ini adalah pemain asal Iran, Saeid Rajabi yang secara fantastis mencetak 17 gol sepanjang berlangsungnya turnamen ini.

3. Spanyol (1996)

Kejuaraan yang diadakan di kota Barcelona, Murcia, Castell√≥n de la Plana, dan Segovia ini berlangsung selama 2 minggu sejak tanggal 24 November hingga 8 Desember 1996 ini lagi-lagi dimenangkan oleh tim Samba alias Brazil yang mengunci gelar ketiganya berturut-turut setelah menjungkalkan sang tuan rumah di partai puncak dengan skor 6-4.

4. Guatemala (2000)

Turnamen yang pertama kalinya diadakan di negara Amerika Tengah ini melahirkan juara dunia baru, yaitu Spanyol yang mana di 3 edisi sebelumnya, gelar juara selalu disikat oleh tim Brasil. Selain itu, di turnamen ini, pemain asal Brasil, yakni Manoel Tobias menjadi pemain terbaik sekaligus top skor dengan total 19 golnya.

5. Tionghoa Taipei (2004)

Edisi piala dunia futsal FIFA yang diadakan di Taipei pada tahun 2004 ini menjadi milik tim Spanyol untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Italia di partai puncak dengan skor 2-1.

6. Brasil (2008)

Tak cukup menjadi juara di piala dunia futsal FIFA. Brasil juga ingin merasakan menjadi tuan rumah. Bahagianya lagi bagi masyarakat Brasil. Mereka berhasil melihat tim kebanggaan mereka juara di tanah mereka sendiri. Hal ini juga merupakan pertama kalinya tuan rumah menjadi juara di tanah mereka sendiri.

7. Thailand (2012)

Edisi yang diselenggarakan di Asia Tenggara atau tepatnya negara Thailand ini merupakan edisi piala dunia futsal pertama yang memiliki jumlah tim peserta sebanyak 24 tim. Kejuaraan yang diselenggarakan di kota Bangkok dan Nakhon Ratchasima ini dimenangkan oleh Brasil setelah mengalahkan Spanyol melalui adu penalti.

8. Kolombia (2016)

Piala dunia futsal FIFA edisi ke-8 ini dilangsungkan di 3 kota besar di Kolombia, yaitu Cali, Bucaramanga, dan Medell√≠n. Turnamen kali ini melahirkan juara dunia baru, yaitu Argentina yang berhasil unggul melawan Rusia dalam pertempuran yang sengit dengan skor 5-4.

9. Lituania (2021)

Piala dunia terakhir (Ketika artikel ini ditulis) ini seharusnya merupakan piala dunia pada tahun 2020 lalu. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, mau tak mau, turnamen ini harus digeser ke tahun 2021. Portugal untuk pertama kalinya dapat memegang piala gelar juara di dunia di kompetisi ini setelah mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 di pertandingan final yang dilaksanakan di kota Kaunas.

10. Akan Diputuskan (2024)

Edisi ke-10 dari turnamen futsal terbesar di dunia ini akan diselenggarakan pada tahun 2024 nanti. Namun, masih belum ada keputusan final di mana akan diadakannya turnamen ini. Sejumlah negara telah mengajukan ketertarikannya untuk menjadi tuan rumah seperti Vietnam, Iran, India, Maroko, Meksiko, Amerika Serikat, Guatemala, dan Rusia. Kita tunggu saja, di mana pertandingan-pertandingan nanti akan diadakan? Siapakah juaranya? Apakah Indonesia ikut bertanding di dalamnya? Kita tunggu saja.

Itu tadi informasi daftar negara tuan rumah piala dunia futsal FIFA yang telah diadakan sejak tahun 1989 lalu. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca.

Sumber informasi dan gambar logo: Wikipedia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url