5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dikuasai

5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dikuasai - Apakah kamu senang bermain sepak bola? Atau mungkin saat ini sedang ingin menekuni olahraga sepak bola? Akan tetapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu bahwa ada 5 teknik dasar permainan sepak bola. Teknik inilah yang nantinya akan membantu kamu saat bermain sepak bola.

5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dikuasai
5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dikuasai

5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dikuasai

1. Shooting

Teknik dasar sepak bola pertama adalah Shooting. Teknik ini bisa dilakukan Dengan cara menggunakan kaki kiri bagian luar, kaki sisi bagian dalam, serta bisa juga menggunakan ujung kaki. 

Bukan hanya itu saja, namun juga bisa dilakukan dengan menggunakan ujung kaki. Tentunya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan teknik ini dengan tepat, yaitu:

1. Lihatlah ke arah lapangan, lalu mulai untuk mengamati situasi sebelum kamu melakukan shooting.

2. Selanjutnya fokuslah kepada target atau sasaran untuk bola yang ditembakkan. Bukan hanya itu saja, namun jangan lupa untuk memperhatikan pemain lawan juga.

3. Lalu kemudian sesuaikan tembakan dengan posisi lawan

4. Lihatlah ke arah bola pada saat akan menendangnya.

5. Apabila nanti sudah menentukan sasaran dan informasi di lapangan, lalu lihatlah kembali bola sehingga hasil menjadi lebih akurat.

6. Terakhir jangan lupa untuk memilih sepatu yang nyaman.

2. Dribbling

Selanjutnya, ada teknik speed dribbling yaitu teknik yang ada di dalam sepak bola. Teknik ini biasanya dilakukan dengan beberapa cara. Pemain akan menendang bola kearah depan, lalu nanti ia akan mengejar dengan cepat bola tersebut. 

Teknik speed dribbling ini pun juga merupakan teknik yang dilakukan dengan cepat. Sehingga pemain memerlukan fokus yang tinggi saat akan melakukannya. Lalu yang kedua, teknik close dribbling yaitu teknik yang dilakukan apabila misalnya jarak antara bola dan pemain sangat dekat. 

Saat akan melakukannya, maka pemain harus mempunyai kontrol penuh ketika menggiring bola. Hal ini bertujuan karena jaraknya tidak jauh.

3. Menghentikan Bola

5 teknik dasar permainan sepak bola selanjutnya ada menghentikan bola. Di dalam permainan sepak bola, nyatanya bukan hanya memerlukan kemampuan untuk menggiring bola. Tepati juga menghentikan bola. 

Teknik ini merupakan salah satu taktik saat bermain sepak bola. Dalam teknik ini, bisa juga dengan menggunakan banyak anggota tubuh seperti kaki, paha, dada, kepala, maupun perut.

4. Teknik Lemparan ke Dalam

Teknik selanjutnya ada yang namanya teknik lemparan ke dalam. Teknik ini biasanya dipakai saat bola ada di dalam posisi out atau keluar dari lapangan. Bisa dari sisi kiri maupun itu di sisi kanan lapangan. Dalam teknik ini, maka biasanya pemain hanya perlu melemparkan bola dengan menggunakan kedua tangan dan melemparkan bola ke dalam. 

Namun, yang harus diperhatikan yaitu setiap pemain harus bisa menggunakan teknik yang baik saat akan melakukan lemparan tersebut. Dengan begitu maka lemparan bisa dilakukan dengan baik.

5. Passing

Biasanya, teknik passing ini dilakukan dengan memakai kaki saja. Pemain pun nantinya akan mengoper dan dilakukan dengan cara memakai bagian dalam kaki. Mengapa? Karena penggunaan kaki bagian dalam ini mempunyai area yang lebih luas jika dibandingkan dengan punggung kaki, kaki bagian dalam akan lebih membantu.

Jadi bagi kamu yang memang senang akan permainan olahraga ini, supaya nanti saat bermain bisa berhasil, maka ada baiknya jika 5 teknik dasar sepak bola yang di sebutkan di atas bisa segera di praktikkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url